Beranda Berita Dorong Pemda Belanja Kesehatan Atasi Corona, Sri Mulyani Terbitkan PMK

Dorong Pemda Belanja Kesehatan Atasi Corona, Sri Mulyani Terbitkan PMK

0

Narasiaceh.com | Jakarta,- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menerbitkan Peraturan Keuangan (PMK) nomor 19 Tahun 2020 Senin (16/03/2020).

Penerbitan peraturan Menteri tersebut guna untuk mengatur pemanfaatan Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), hingga Dana Intensif Daerah (DID) untuk menanggulangi peyebaran virus Corona.

Dalam PMK ini, Kementerian Keuangan mewajibkan Pemda untuk mengalokasikan mandatory spending APBD yang sebesar 10% dari keseluruhan belanja untuk menanggulangi dampak Covid-19.

Untuk memastikan bahwa Pemda telah menganggarkan APBD-nya untuk menangkal dampak Covid-19, Kementerian Keuangan pun menambah syarat penyaluran DBH Sumber Daya Alam (SDA) dan DAU yang harus dipenuhi Pemda.

Dalam PMK tersebut, sebelum penyaluran DBH SDA kuartal II/2019 dan kuartal III/2019 serta DAU Mei 2020 hingga September 2020, Pemda harus menyampaikan laporan kinerja bidang kesehatan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 serta realisasi pelaksanaan kegiatan dari belanja tersebut.

Bila laporan tidak disampaikan selama dua bulan berturut-turut, penyaluran sebagian DAU oleh pemerintah pusat ke Pemda bisa dipotong. Namun, pemotongan DAU ini masih mempertimbangkan kapasitas fiskal daerah dan perkiraan kebutuhan belanja daerah 3 bulan ke depan.

DID tahap I dan II untuk kelompok kategori pelayanan dasar publik bidang kesehatan akan disalurkan secara bersamaan paling cepat Maret 2020 dan paling lambat September 2020.

Selain itu, peraturan tersebut juga mengalokasikan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau untuk bidang kesehatan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan pencegahan serta penanganan penyebaran virus Corona. (Bcom)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here