Beranda Berita Jangan Sampai Indonesia Seperti Italia, dalam Penanganan Corona

Jangan Sampai Indonesia Seperti Italia, dalam Penanganan Corona

0

Narasiaceh.com | Jakarta,- Tingkat kegawatan akibat COVID-19 di Italia memaksa memaksa pemerintah disana mencari solusi mengatasi membludaknya pasien Kami (19/03/2020).

Beberapa hari lalu, sudah mulai banyak pasien berusia lanjut atau pasien dengan tingkat harapan hidup yang rendah seperti dibiarkan tanpa perawatan.

Dinas Perlindungan Masyarakat Provinsi Piedmont Italia, salah satu wilayah terdampak berat akibat COVID-19 sudah menyusun rancangan protokol yang menghapus layanan perawatan korban positif COVID-19  bagi pasien berusia 80 keatas.

Pasien COVID-19 yang berhak dirawat harus memenuhi salah satu dari dua persyaratan yaitu berusia di bawah 80 tahun atau dibawah ambang nilai 5 indeks Charlson Comorbidity ( sebuah indikator penentu kondisi pasien yang memiliki komplikasi ).

Saat ini kapasitas perawatan intensif di Italia makin mendekati ambang batas kemampuan seiring makin tingginya penyebaran COVID-19.

Salah seorang penasihat medis di piedmont, Luigi Icardi mengungkapkan seandainya protokol ini dilaksanakan maka akan ada yang mendapatkan perawatan hanya ditentukan berdasarkan besar kecilnya mereka akan selamat.

” Saya tidak akan pernah ingin melihat momen seperti itu,” ungkapnya.

Daftar terakhir, Italia memiliki 35. 713 pasien positif. Di Lombardy, salah satu wilayah paling parah sempat mencatat 319 kematian dalam satu hari saja, kemarin angka kematian total di Italia mencapai 475 orang hanya dalam satu hari saja.

Salah satu penyebab situasi di Italia karena pemerintah dan warga setempat meremehkan  bahaya COVID-19. Warga Italia Utara, misalnya di awal-awal lockdown, malah berbondong bondong mudik ke wilayah-wilayah asalnya. Pada saat yang sama, kerumunan dan aktivitas publik juga terlambat dihentikan.  (Narasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here