Beranda ACEH PGK Aceh Minta Faskes Sediakan Alat Pemeriksa Corona yang Akurat

PGK Aceh Minta Faskes Sediakan Alat Pemeriksa Corona yang Akurat

0

Narasiaceh.com | Banda Aceh, – DPW Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Provinsi Aceh berharap fasilitas kesehatan di Aceh menyediakan alat tes untuk pasien suspeck korona dengan akurasi lebih jelas.

“Kita berharap bukan saja mengukur suhu tubuh. Tapi harus mampu menjelaskan pengaruh lebih detail,” ungkap Sekjen DPW PGK Aceh, Novrianda, Senin (23/3/2020) melalui rilis pers yang diterima Narasi Aceh.

Menurutnya, indikator pengukuran suhu tubuh tidak akan berefek besar dalam hal mendeteksi bahwa seseorang terpapar virus corona dan gejala lainnya. Seperti yang kita ketahui, orang yang sehat juga bisa sebagai perantaranya.

“Jangan sempat nanti pasien yang sebenarnya bukan terpapar virus corona dirujuk ke RSUZA dan kemudian dipulangkan kembali. Sebelum dirujuk ke RSUZA, Rumah Sakit Daerah harus menentukan status pasien dengan tepat. Apakah Orang dalam pantauan (ODP), Pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect,” papar Novrianda.

Ia menagatakan, Pemerintah harus membuat regulasi atau mekanisme koordinasi sehingga proses penanganan pasien dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak latah dalam memberikan statement-statement terkait perkembangan virus corona sebelum keluarnya hasil penelitian resmi yang komprehensif terhadap penyebab kematian atau efek lain yang ditimbulkan,” harapnya.

“Kita juga berharap, setiap informasi terkait perkembangan kasus virus corona dikeluarkan dari satu sumber yang kredibel. Sehingga terpusat informasi yang bisa ditangkap oleh masyarakat dan kita bisa meminimalisir bersama informasi hoaks yang disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” pungkas Novrianda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here