Beranda Berita Masalah Limbah Medis, FORKASGEMABDYA Angkat Bicara

Masalah Limbah Medis, FORKASGEMABDYA Angkat Bicara

1
Muhammad Khalis ketua FORKASGEMABDYA

Banda Aceh – Terkait kisruh pembuangan limbah medis secara sembarangan yang di duga dilakukan oleh pihak Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarkat) Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya yang sedang hangat-hangatnya di beberapa Media Online. Forum Komunikasi Generasi Muda Babahrot Abdya) FORKASGEMABDYA angkat bicara.

Di utarakan oleh ketua umum Muhammad Khalis, pihaknya  menyayangkan perihal kejadian tersebut, apalagi pembuangan limbah medis itu terjadi di perkebunan milik warga yang berbatas langsung dengan pagar Puskesmas. Minggu (19/01/2020).

Ia menduga klarifikasi Kepala Puskesmas tidak dapat di pegang kebenarannya, jika memang sudah di tangani sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka dapat di pastikan hal tersebut tidak akan terjadi, mengingat sumber daya manusia yang bekerja di Puskesmas adalah professional di bidangnya. Sangat mustahil melalaikan hal yang sangat penting seperti itu.

“ Kalau memang klarifikasi kepala Puskesmas Babahrot Ibu Ely Afriani bahwa  pengelolahan limbah medis sudah di lakukan secara benar  dan sesuai  SOP, tentu saja limbah tersebut tidak di temukan di luar pagar puskesmas.” Jelas Muhammad Khalis.

Tambahnya lagi, menyalahkan anak-anak dalam perkara limbah medis adalah hal yang keliru. Bagaimana bisa limbah yang sudah di tata secara benar dapat berada di tangan anak-anak. Ia juga meminta kepala Puskesmas membuktikan secara otentik jika memang benar anak-anak adalah pelaku nya. Sehingga perkara ini nantinya menemui titik temu.

“Anak-anak setempat tidak tahu apa-apa mengenai limbah dan juga bahaya nya limbah tersebut. Kalau memang benar sampah tersebut ditampung dalam kantong khusus kemudian di ikat lalu, di letakkan ditempat penyimpanan sementara sesuai yang dikatakan kepala Puskesmas Babahrot, mana mungkin sampah tersebut sampai kepada tangan anak-anak. Emang nya kepala puskesmas mempunyai bukti kalau sampah tersebut terjadinya atas kesalahan anak-anak ?“. Pungkasnya

Muhammad khalis juga mengharapkan kejadian ini tidak terulang lagi dan semoga saja kedepannya puskesmas babahrot bisa menjadi lebih baik lagi.

“Semoga hal ini tidak terulang lagi kedepannya”. Tutup Muhammada Khalis. (*)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here