Beranda Daerah PAHAM Lakukan Penyuluhan Hukum di Rutan Takengon

PAHAM Lakukan Penyuluhan Hukum di Rutan Takengon

0
Penyuluhan PAHAM (Pelayanan Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia) di Rutan Takengon. Foto : Ist

Takengon – Pos PAHAM (Pelayanan Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia)

Aceh Tengah dan Bener Meriah melakukan penyuluhan hukum di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Takengon. Kamis, 30 Januari 2020

Kepala Rutan Kelas II B Takengon , Zulkifli Porang dalam sambutannya mengatakan penyuluhan hukum mutlak perlu dilakukan kepada seluruh warga binaan dirutan, baik yang berstatus tahanan maupun narapidana. (30/01/2020).

“Hal ini menjadi sarana pencerahan bagi warga binaan maupun pihak keluarga yang masih minim pengetahuan terkait hukum. Apalagi bantuan hukum yang di berikan oleh Pos Bantuan Hukum & Hak Asasi Manusia (PAHAM) bersifat gratis untuk masyarakat kurang mampu.” Ungkap Zulkifli

Menanggapi permintaan dari salah satu warga binaan berinisial (S) meminta kepala rutan agar memperjuangkan hak remisi seluruh warga binaan, Zulkifli dengan tegas mengatakan InsyaAllah kita akan memperjuangkan itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku. syaratnya istiqomah, berkelakuan baik dan berjanji tidak akan mengulang kembali perbuatan melanggar hukum apapun.” Tegas beliau.

Sementara itu, ketua Pos Advokasi Hukum & hak Asasi Manusia Cabang Aceh Tengah & Bener Meriah, Ni’mah Kurniasari, SH. Dihadapan warga binaan menyampaikan bahwa lembaga PAHAM siap menerima segala bentuk konsultasi untuk seluruh kasus hukum, hal ini bertujuan agar masyarakat bisa lebih paham terkait seluk beluk persidangan dan yang berhubungan dengan hukum.

“Ada hak-hak tertentu yang masih bisa di dapatkan warga binaan, bagi yang masih berstatus tahanan maupun narapidana, terkhusus bagi yang sudah menjalani putusan seiring berjalannya waktu bila mendapatkan bukti baru maka bisa dilakukan peninjauan kembali (PK). Disinilah kita bisa lakukan pendampingan dengan sistem yang lebih baik dari sebelum adanya pendampingan”, Jelas Ni’mah.

Jika warga binaan sulit melakukan konsultasi karena sudah berada dirutan, maka pihak keluarga bisa hadir untuk melakukan konsultasi, InsyaAllah gratis.

“PAHAM Aceh Tengah & Bener Meriah menerima pendampingan bantuan hukum gratis baik pidana maupun perdata dengan syarat yang sudah di tentukan oleh UU yaitu, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) mapun surat keterangan dari Dukcapil setempat. Kemudian surat keterangan tidak mampu, BPJS dan kartu PKH.”

“Bagi yang ingin berkonsultasi bisa menghubungi kontak person 0822-7727-9585 atas nama Ni’mah Kurniasari untuk wilayah Aceh Tengah dan 0823-6796-3533 atas nama Isli untuk wilayah Bener Meriah.” Terang Ni’mah.(ril)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here